Mungkin bagi anda yang belum mengerti tentang bagaimana gejala-gejala komputer yang terkena virus, Bagi anda yang masih pemula terkadang sering jika kita memberi perintah scan, terkadang hasil file-file penting kita bisa hilang karena dianggap virus oleh Antivirus kita. Alhasil anda akan kesal dengan hasilnya.
Saat ini mungkin salah satu virus yan penyebarannya sangat banyak dan dampaknya cukup serius adalah Conficker (Kido/Downadup). Berbagai media telah memberitakan banyaknya penyebaran dan bahaya malware ini.


Bagaimana mengetest bahwa Komputer kita aman dari infeksi Virus Conficker ini ?
Ada beberapa cara mudah yang bisa kita gunakan untuk lebih meyakinkan bahwa komputer kita aman dari Conficker. Karena jika sudah terinfeksi, maka Antivirus-pun kadang tidak akan bisa mendeteksi atau menangani, harus menggunakan tools khusus ( sudah banyak tersedia di internet).
Langkah-langkah untuk beberapa test yang bisa dilakukan :
- Buka alamat situs berikut : Conficker Test, Jika muncul 6 gambar, maka komputer kemungkinan besar aman dari virus ini, tetapi jika ada sebagian yang tidak muncul, harus diwaspadai kemungkinan terinfeksi virus ini. Gambar-gambar tersebut adalah F-SECURE, SECURE WORKS, TREND MICRO, THE H, GOOGLE, HEISE ONLINE