21 Jul 2010

Manfaat Dan Pentingnya BlogWalking

Apakah blogwalking itu?
Blogwalking maksudnya kita berjalan-jalan di blog punya orang lain.
Bagaimana cara blogwalking?
Gampang banget, ya kita tinggal masuk ke alamat blog lain. Di sana kita baca-baca isi blognya, komentarin postingannya, atau cuma ninggalin jejak di shoutbox :D

Apa untungnya kita mengunjungi blog orang lain? Bukannya kita malahan cuma ningkatin traffic blog orang lain? Ngga ada untungnya donk!
Waduh-waduh jangan sampe mikir kaya gitu donk.. Kalaupun emang bener cuma nguntungin orang lain, ya ngga apa-apa kan, itung-itung amal, egois banget sih cuma mikirin keuntungan sendiri. Bahagiakan orang lain niscaya kita pun akan dibahagiakan orang lain :)
Tapi kenyataannya blogwalking itu banyak manfaatnya! Ini dia manfaat-manfaatnya:
  • Hanya dengan mengunjungi blog orang lain, kita bisa mencontoh dan membandingkan bagaimana tampilan blog yang baik, penempatan widget, iklan, banner, dan lain-lain. Jangan puas dengan tampilan blog kita sendiri bila belum melihat blog orang lain. Jangan kaget kalau di luar sana banyak banget blog-blog yang dari tampilannya aja udah jauh lebih bagus dan menarik daripada blog kita. Nah kita jadi bisa ambil pelajaran meningkatkan tampilan blog kita.
  • Hanya dengan ngisi shoutbox, kita bisa meninggalkan pesan kepada semua pengunjung baik kepada sang pemilik blog maupun para pengunjung blog tersebut. Di sana kita pun bisa meninggalkan URL blog sehingga kita bisa sekalian promosikan blog kita. Nah bisa nambah traffic juga kan.
  • Hanya dengan membaca postingan, kita bisa banyak mendapat pengetahuan baru. Selain bisa menambah wawasan kita pribadi, pengetahuan itu bisa kita jadikan bahan postingan di blog kita (tanpa copy-paste tentunya :P ). Saya sendiri cukup sering mendapat ilmu dari blogwalking dan juga mendapat pencerahan dan ide untuk membuat postingan baru di blog ini :D
  • Hanya dengan memberi komentar, kita bisa menjalin hubungan silaturahmi kepada sesama blogger. Kita bisa mencurahkan isi pikiran kita sekaligus memberi penilaian kepada isi postingan. Oleh karena itu, kalau ngasih komentar jangan cuma nyampah ya :P Di samping itu, kita bisa mendapat one-way-link apabila blog yang kita beri komentar itu dofollow (seperti blog ini :P ) Jadi setiap link yang kita tinggalkan akan dapat diindex oleh search engine. Ini merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan traffic blog kita.
Nah, bagaimana bila kita udah ngunjungin blog orang, kita lihat tampilan blognya, kita baca postingan-postingannya, kita beri komentar setelah memahami postingannya, dan kita tinggalkan jejak kita di shoutbox? Tentu saja semua manfaat yang saya tulis di atas akan kita dapatkan sehingga saat kita keluar dari blog orang lain, banyak ilmu baru yang kita peroleh.
Sip, sekarang udah jelas kan pentingnya blogwalking? Nah, mulai sekarang mari kita rajin jalan-jalan di blog orang lain :D

1 comment:

  1. salam kenal.kunjung balik ya helmypra.blogspot.com

    ReplyDelete

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service