2 Aug 2010

Intel Siapkan Prosesor 6-core Pertama di Dunia

Intel pada tanggal 15 September diduga akan mengumumkan prosesor 'Dunnington,' sebuah prosesor 6-core pertama di dunia sekaligus chip berbasis Penryn terkahir di akhir bulan ini. Prosesor yang masuk dalam seri produk Intel Xeon 7400 ini ditargetkan pada segmen server, menurut sumber. Penryn akan digantikan oleh mikro-arsitektur Nehalem yang akan dirilis sebagai Core i7 di kuartal empat tahun ini.
Menurut senior VP Intel Pat Gelsinger, vendor-vendor server yang akan mengumumkan produk ini termasuk Sun Microsystems, Hewlett-Packard dan Dell. Beberapa produsen server seperti IBM dan Unisys juga diduga akan ikut sebentar lagi. Xeon 7400 memiliki kinerja yang jauh lebih baik karena didukung cache sebesar 16MB dan 6 buah core.
Dunnington juga merupakan chip pertama Intel yang akan memiliki desain monolithic (Nehalem juga), dengan kata lain enam core di prosesor ini akan ditempatkan di selembar silicon. Sebelum ini, untuk semua prosesor yang memiliki lebih dari dua core selalu ditempatkan di dua lembar silicon yang berbeda - dinamakan sebuah "die" di dalam satu chip.
Penjelasan Intel akan prosesor ini: "Dunnington adalah prosesor IA (Intel Architecture) pertama dengan enam core yang berbasis teknologi proses high-k dan memiliki shared cache besar". 
(sumber:udaramaya.com)

1 comment:

  1. kapan yach dilirisnya...udah penasaran nich....
    update info lagi dong....

    ReplyDelete

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service